Berencana Berlibur ke Pantai Kawasan Banten dan Lampung, Perhatikan Imbauan PVMBG

  Selasa, 31 Desember 2019   Adi Ginanjar Maulana
Gunung Anak Krakatau

JAKARTA, AYOBANTEN.COM -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Anak Gunung Krakatau (AGK) mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 1.000 meter di atas puncak (1.157 meter di atas permukaan laut). 

Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 kilometer dari kawah. 

Laporan tersebut diterima oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejak, senin (30/12/2019) hingga selasa (31/12/2019). 

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Kapusdatinmas) BNPB Agus Wibowo mengimbau, wisatawan yang akan berlibur ke pantai di sekitar Banten dan Lampung harap mematuhi anjuran PVMBG di atas. 

"Wilayah sekitar pantai yang berjarak lebih dari 2 kilometer dari AGK dinyatakan aman untuk dikunjungi. Namun tetap harus selalu waspada dan mengikuti informasi dari PVMBG, BMKG, BPBD dan BNPB," ujarnya, Selasa (31/12/2019).

Bupati Pandeglang dan Serang, kata Agus, juga sudah menginformasikan hal tersebut kepada media agar diketahui oleh masyarakat luas. 

“Warga harus selalu waspada dan hati-hati, ikuti informasi dari otoritas resmi," terangnya. 

Seluruh jajaran seperti BPBD, camat, kepala desa /lurah, dan petugas lapangan diminta selalu siaga juga. Terdapat Pos Lapangan Kabupaten Serang di Pantai Anyer, Pos Lapangan Kabupaten Pandeglang di Shelter Labuan, dan Pos Lapangan Kabupaten Lebak di Pantai Bagedur.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar