Sate Bandeng, Kuliner Lezat Khas Banten Kegemaran Keluarga Kerajaan

  Kamis, 12 Desember 2019   Adi Ginanjar Maulana
Sate Bandeng

BANTEN, AYOBANTEN.COM -- Wisata ke Banten, rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi kuliner khas setempat. Salah satu yang kerap dijadikan oleh-oleh wisatawan yakni sate bandeng.

Ikan bandeng dijadikan bahan baku karena banyaknya tambak milik penduduk di kawasan utara Serang. Cara mengolah kuliner ini terbilang unik, pertama-tama, duri ikan bandeng ini dihilangkan terlebih dahulu.

Setelah itu, ikan bandeng tersebut dagingnya diberi bumbu kemudian dimasukkan kembali ke kulitnya dan ditusuk atau dijepit menggunakan bambu lalu dibakar.

Konon kabarnya, sate bandeng ini sudah ada sejak abad ke-16 lho travelers. Termasuk kuliner legendaris, kuliner sate bandeng ini dahulu dibuat oleh juru masak Kesultanan Banten.

Sate bandeng ini juga menjadi salah satu kuliner yang cukup digemari baik oleh keluarga Kesultanan Banten dan tamu kerajaan.

Kini telah banyak sate bandeng yang dikemas rapi untuk dijadikan sebagai oleh-oleh wisatawan. Umumnya, sate bandeng ini hanya dapat bertahan selama satu hari.

Namun jika disimpan dalam lemari pendingin, sate bandeng bisa bertahan sampai dengan tiga hari.

Bumbu yang digunakan untuk membuat sate bandeng ini biasanya adalah garam, bawang merah, santan dan gula merah. Jika ingin lebih asin dan pedas dapat ditambahkan cabai serta penyedap rasa sesuai selera.

Bukan hanya sate, warung makan di Banten juga biasanya mengolah ikan bandeng menjadi sajian lainnya seperti pecak bandeng.

Bedanya, pecak bandeng ini cenderung memilki cita rasa pedas namun tetap terasa menyegarkan ketika disantap.

Sate bandeng ini biasanya dijual dengan harga berkisar mulai dari Rp 37 ribuan. Wah, kedengarannya sangat menarik untuk dicicipi bukan?

Jadi, jika Anda memiliki kesempatan menikmati liburan di Banten, jangan lupa untuk mencicipi sate bandeng ini, atau membawanya sebagai oleh-oleh saat pulang ke rumah ya!

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar